CERITA MENUJU PTN I : FLASHBACK 2013

HAAAAAIIIII VERY VERY LONG TIME NO SEE GUYYSSSS !!!!
Maaf ya baru mau mulai cerita capslocknya udah jebol hahaha. Okay, sebenernya gue bingung harus mulai darimana, ‘cause I have sooo many things which I really wanna tell you, all of you, guys. Now, let’s start it out!

Gue gak akan repot-repot cerita tentang hari-hari gue menjelang hingga UN SMA di tahun 2013 tiba, karena gue yakin pengalaman gue soal itu gak jauh beda sih sama kalian yang udah mengalaminya, dari mulai stressnya anak SMA menghadapi UN sampe hari H. Buat kalian yang masih SMA dan belum merasakan kayak gimana UN, yah rasain sendiri aja deh, seru juga kok, tegangnya. :p

Setelah UN selesai, ada jeda beberapa hari sebelum gue memulai intensif di tempat les untuk persiapan SBMPTN. Itu beneran gue puas-puasin yaah sepuas-puasnya, soalnya abis itu gue gak ada kata libur selama 8 minggu ke depan. Di intensif itu gue masuk setiap hari dan cuma libur sehari, itu pun hari kamis (?). Oh ya gue waktu itu bimbelnya di NF Radio Dalam, yang mana banyak juga temen-temen satu sekolah gue yang bimbel disitu. Sambil bimbel gue juga harap-harap cemas nih, selain menunggu pengumuman kelulusan (Alhamdulillah saya lulus J), gue juga nunggu pengumuman SNMPTN. I would frankly say that I was hoping this so much. Masih idealis mungkin, waktu itu gue memilih Universitas dan jurusan yang cukup tinggi, kata orang-orang J Gue juga kurang memikirkan bahwa pada akhirnya ‘lo juga harus sadar kalo lo itu bukan dari SMA unggulan, Friz’. Katanya sih ini juga berpengaruh ya, percaya gak percaya nih.
Tanggal 27 Mei 2013 jam 4 sore pengumuman SNMPTN akhirnya tiba. Gue waktu itu buka website-nya dari hp, dan setelah memasukkan nomor peserta dan dan tanggal lahir (kalo gak salah), si website malah MINTA MAAF! Itu penolakan yang pertama kalinya buat gue dan itu rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, gue nangis. Tambah sedih lagi waktu temen-temen gue pada nanya dan gue cuma bisa jawab seadanya, apalagi sama temen-temen gue yang di terima, itu rasanya nyeesss banget, guys! Bukannya gue gak ikut seneng ngelihat mereka di terima, seneng kok, cuma pasti ada lah perasaan iri ke mereka, manusiawi banget, kan?
Gue gak boleh berlama-lama larut dalam kesedihan karena gue harus tetep fokus buat persiapan SBMPTN 2013. Setiap minggu selalu ada 2 hari untuk try out (TO), totalnya ada 7 kali TO, dan yang menyedihkan adalah nilai nasional gue gak pernah berhasil tembus 700 atau kalau di kakulasiin mungkin sekitar 42 %-an kayaknya. Tapi waktu itu gue berusaha tetep meyakinkan diri kalo gue bisa, walaupun beberapa persen kadang ada pesimisnya juga sih hehe.
Anyway gue belum bilang yah, gue pengen banget masuk Fakultas Kedokteran. Dulu waktu belum tau gimana kerasnya persiapan SBMPTN alias waktu masih SMA, gue bisa di bilang sangat UI-minded (tau kan sekarang waktu SNMPTN gue milih apa? :D). Bisa di bilang ngefans juga kali ya, tapi beberapa kali gue pernah lewatin gedung kampus FK UI di Salemba, each those times I just glanced up and like an accolade of this place. Keren banget! Dan gue selalu berkeinginan untuk jadi mahasiswi disana. Tapi seiring berjalannya waktu, after I knew ‘What is SBMPTN for the real’ and compared with my skill, gue ngerasa kayaknya mereka jauuuuh banget. Makanya di SBMPTN gue memilih Universitas yang ada di pulau Sumatera semua, karena nilai nasional gue menurut prediksi NF bisa lolos kalo ngambil Universitas yang ada di pulau Sumatera.
Waktu SBMPTN pun sampe di hari H. Hari pertama adalah TPA dan Kemampuan dasar yang di bagi 2 sesi. Sesi pertama yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), ada 75 soal, dan waktu itu gue ngisinya sedikit banget. Entah kenapa gue grogi banget, itu mungkin hal paling grogi yang pernah gue alami. Gue cuma isi 39 soal! Di tambah lagi jam di ruangan tempat gue ujian background jamnya kayak foto gitu jadi gak kelihatan, makanya gue kira gak ada jam. Ya udah deh, keluar ruangan, ayah gue nyamperin dan gue sempet nangis dan bilang semuanya. Tapi gue di kasih semangat dan waktu di sesi kedua, Kemampuan dasar yang terdiri dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Matematika Dasar, bisa gue kerjakan dengan lumayan lebih baik dari sesi pertama, meskipun groginya belum hilang-hilang banget. Hari Kedua yang diujikan Kemampuan IPA yang terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Alur pengerjaan gue waktu itu Biologi-Kimia-Fisika-Matematika IPA dan akhirnya ngacak. Dan yang gue rasakan saat itu adalah Matematika IPA-nya parah banget! Bukan parah gampangnya ya, yang ada gue di timpukin orang-orang seangkatan gue yang ikut SBMPTN 2013 bidang SAINTEK kalo gue bilang itu gampang hahahaha, tapi ini parah beneran susahnya! Waktu itu udah pengen nangis di tempat rasanya, masa gak ada yang bisa gue kerjain! Parah, kan?! Ya akhirnya mau gak mau, suka gak suka, gue nembak aja, ada ngitung juga tapi gak yakin sama jawabannya.
Setelah itu selesai lah SBMPTN, gue gak mau mikirin lagi soal-soal itu untuk sementara dan gak mau nyocokkin kunci ke NF, bimbel-bimbel setelah selesai SBMPTN udah punya kunci jawaban soal ujiannya. Gue harus fokus untuk persiapan SIMAK UI 2013 yang jedanya dengan SBMPTN hanya sekitar 11 hari. Selama persiapan itu gue tetep ke NF buat konsul untuk SIMAK UI. And to be honest, gue lebih semangat buat persiapan SIMAK UI ini, ya kalian tau kan kenapa :D
Ujian SIMAK UI tiba, yang diuji di sesi pertama adalah Kemampuan IPA dan sesi Kedua adlah Kemampuan Dasar. Bener kan kata gue! Gue lebih bersemangat ngerjain soal SIMAK UI ketimbang SBMPTN haha. Gue merasa juga gue ngerjainnya lebih teratur dan mungkin lebih usaha kali ya. Dan setelah SIMAK UI selesai gue gak ikut ujian apa-apa lagi. Dan sebagai penutup di di Part I ini, kesimpulan gue adalah
“Soal SBMPTN 2013 lebih susah daripada soal-soal tahun-tahun sebelumnya yang pernah gue lihat dan entah kenapa soal-soal SBMPTN 2013 ‘lebih jahat’ dari SIMAK UI. Padahal banyak yang bilang dan menurut gue juga kalo tahun-tahun sebelumnya kejadiannya justru sebaliknya.”

Tunggu Part II ya guyssss, STAY TUNE!














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Exotic Woman

CERITA MENUJU PTN III : RONIN NF KESAYANGAN....

CERITA MENUJU PTN V : UMB-PT DAN HASIL YANG DITUNGGU-TUNGGU